Skip to content

IMUNOTERAPI – TEROBOSAN BARU LAWAN KANKER

April 20, 2015
BANNER TP-6

A.Yoga – CancerHelps

Jumat, 30 Agustus 2013

Cara terbaik mengobati kanker tanpa efek samping berarti adalah dengan membiarkan tubuh bekerja sendiri secara alamiah dengan memanfaatkan sistem kekebalan tubuh, melawan keganasan. Namun hal ini bukanlah persoalan mudah.

Dalam kasus kanker, sel sel normal bermutasi menjadi ganas karena itu tidak mudah dikenali oleh sel sel kekebalan tubuh. Tidak seperti virus/bakteri yang mudah diidentifikasikan lalu dimusnahkan, sel sel ganas ini adalah penghianat dari dalam dalam barisan sel normal.

Perkembangan riset pengobatan kanker dalam satu dasawarsa ini telah berevolusi.. dari penggunaan senjata obat obatan dosis tinggi (kemoterapi), ke penggunaan teknologi laser canggih (robotic surgery), hingga berkembang lagi ke arah terapi biologis yang dipercaya lebih efektif dan minim efek samping.

Terapi biologis juga dikenal dengan nama lain seperti agen biologis (biologic agents), biologics, ataupun biological response modifiers (BRMs) atau lebih dikenal dengan nama Immunoterapi kanker.

Immunoterapi memiliki target agar sistem kekebalan tubuh pasien dapat berjuang dari dalam tuk melawan dan menghancurkan sel sel kanker. Suatu tugas yang tentunya tidak mudah.

Ada 2 cara Immunoterapi ini bisa bekerja. Pertama adalah memasukkan zat buatan sebagai pengganti zat yang dibutuhkan pasien karena ketidakmampuan tubuh memproduksi zat tersebut. Kedua adalah mengambil zat tertentu dalam tubuh manusia yang kemudian diubah ataupun direkayasa dalam laboratorium untuk selanjutnya disuntikkan kembali ke tubuh pasien.

Di negeri Paman Sam, imunoterapi untuk kanker telah diakui oleh U.S. Food and Drug Administration (FDA). Mengacu kepada News Release yang dikeluarkan oleh American Cancer Society, antibodi monoklonal, seperti Herceptin® dapat digunakan dalam mengobati kanker payudara stadium lanjut.

Herceptin® bekerja dengan tiga cara yaitu: menempel pada sel kanker dan mencegah mereka untuk tumbuh kembali,  merangsang sel-sel kekebalan tubuh untuk menyerang sel kanker; dan dapat digunakan bersamaan dengan kemoterapi untuk mencegah recurrence.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh sebuah tim dari Memorial Sloan-Kettering Cancer Center (MSKCC – pusat perawatan dan studi kanker swasta tertua dan terbesar di dunia) pada tahun 2012, memformulasikan terapi khusus yang bertujuan menyerang sel-sel kanker lebih spesifik melalui sistem kekebalan tubuh pasien. Terapi ini bernama Adoptive Cell Transfer (ACT).

Terapi ini melibatkan pembuatan/rekayasa dari T cells, yaitu sel limfosit T – bagian dari sel darah putih yang bertugas untuk melawan kuman.  Dalam prosesnya, T cells diambil dari tubuh manusia untuk kemudian ditambahkan dengan gen pengenal antigen sel kanker untuk  kemudian disuntikkan kembali ke tubuh pasien. Cara ini dianggap lebih efektif dan aman karena mengurangi kesalahan target penyerangan sel kanker dan mencegah sel-sel kankernya menyebar.

Sayangnya biaya pengobatan immunoterapi ini masih sangat mahal. Sebagai contoh, biaya pengobatan dengan Herceptin® selama sebulan dapat menghabiskan dana sekitar USD 5.000, suatu nilai yang fantastis bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Namun demikian, bagi penderita kanker yang memerlukan daya tahan tubuh extra untuk menunjang treatment medis dalam pengobatan kankernya, tidak perlu khawatir. Typhonium Plus® – 100% natural supplement dapat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh selama terapi medis berlangsung dan juga membantu meningkatkan efektivitas kemoterapi sekaligus meredam efek sampingnya.

Informasi lebih lanjut tentang Typhonium Plus, silahkan hubungi:

Call Center: 021 6693460

SMS: 0813 8191 5677, 0817 094 7077

Email: cs@cancerhelps.com

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: