Skip to content

Perbedaan Tumor, Kista, Miom

August 25, 2009

Ketiga gangguan kesehatan ini memiliki perbedaan, yaitu:

Tumor adalah segala penumbuhan jaringan yang berlebihan yang membentuk massa tertentu di bagian tubuh mana pun.

Sedangkan KISTA adalah tumor berupa kantong yang berisi cairan. Organ reproduksi yang dapat mengalami kelainan berupa kista adalah ovarium atau indung telur. Kista dapat bersifat jinak, dapat pula ganas.

Kista ovarium juga beragam jenisnya, tergantung dari jaringan yang membentuknya dan jenis cairan yang ada di dalamnya. Misalnya, kista endometriosis yang cairannya berupa darah haid dan kista dermoid yang terdiri dari jaringan gigi, rambut, dan lemak.

Mioma uteri adalah tumor jinak di jaringan otot rahim (miometrium). Jadi, tumor ini mengenai organ rahim. Mioma uteri kebanyakan terjadi pada masa reproduksi dan pembesarannya berkaitan dengan hormon estrogen.

Kista dan mioma termasuk jenis tumor yang angka kejadiannya cukup tinggi pada alat reproduksi. Kista ovarium dan mioma uteri dapat mengganggu proses reproduksi untuk terjadinya kehamilan. Bila terjadi kehamilan, kedua tumor ini dapat mengganggu kehamilan.

Contohnya, kehamilan dengan mioma uteri dapat mengakibatkan keguguran, sedangkan kehamilan dengan kista ovarium yang cukup besar dapat mengalami kista terpuntir yang merupakan kondisi akut, dan mungkin akan menghalangi bayi untuk lahir normal.

Mioma pada rahim dapat mengganggu kehamilan, yaitu menyebabkan kelainan letak janin (posisi janin melintang). Pada wanita yang tidak hamil, mioma pun dapat menyebabkan kelainan, yaitu kelainan haid (haid menjadi tidak teratur atau bertambah banyak). Hal ini sangat tergantung dari ukuran dan letak mioma.

Apakah semua kista atau mioma harus dioperasi untuk diangkat? Jawabannya tergantung dari jenis tumor, sifat, ukuran, letak, dan usia penderitanya.

4 Comments leave one →
  1. ai rasyidah permalink
    October 21, 2009 2:19 pm

    saya juga sedang menderita miom, dan bari 2 bulan yang lalu saya dioperasi usus buntu.rasanya sakit bekas operasi kemarin masih berasa, belum lagi mengenai miom yang baru terdeteksi, harus juga diangkat……

  2. mia permalink
    January 23, 2010 10:03 am

    kakak saya di vonis dokter menderita miom. dia sudah konsultasi ke berbagai dokter dan hasilnya satu dokter mengatakan harus diangkat rahimnya da juga yg mengatakan cukup miomnya ja yg diangkat. keadaan ini membuat kakak saya kepikiran. tiap sakit itu timbul dia sampai teriak2. mungkin karena sakit yg amat sangat. apa yang harus qta lakuin? da ga’ pengobatan selain operasi, karena dia takut kalo harus di operasi?

    • February 4, 2010 4:41 am

      Dear ibu Mia,

      Silahkan periksa email anda, kami sudah menjawab langsung ke alamat email anda. terima kasih untuk kunjungannya di blog kami.

      salam.
      Typhonium Plus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: