Skip to content

Waspadai Nasofaring

June 9, 2009

Gejala awalnya mirip flu sehingga kehadiran kanker nasofaring kerap tak disadari. Satu bulan terakhir, telinga Mariam sebelah kiri sering berdenging. Hidungnya pun tersumbat. Sudah berkali-kali ke dokter tak sembuh jua. Dokter umum menyatakan Mariam terkena influenza.

Suatu hari, warga Lebak Bulus Jakarta ini mengeluarkan sedikit darah dari hidungnya saat mencoba mengeluarkan ingus. Karena sedang flu, Maria menganggap, darah tersebut bagian dari gejala flu. Ia pun mengabaikannya.Tanpa sengaja, kerabatnya yang berprofesi sebagai dokter telinga hidung tenggorokan (THT) curiga dengan gejala yang dialami Mariam. Ia pun melewati pemeriksaan awal dengan menggunakan nasoendoskopi, yakni alat yang dimasukkan ke hidung untuk melihat jaringan tumor. Dokter mengambil sedikit jaringan untuk diperiksa. Beberapa hari kemudian, dokter memvonis Mariam terkena kanker nesofaring.`’Gejala nasofaring tidak khas,” ujar dokter ahli THT RS Kanker Dharmais, Budianto Komari, beberapa waktu lalu di Jakarta. Gejalanya mirip dengan flu. Makanya banyak pasien datang ke dokter umum mengeluhkan budek atau kesulitan mendengar pada salah satu telinga, dan dokter menyatakan itu gejala flu.

Tak disadari pada stadium awal, gejala kanker nasofaring tampak ringan seperti telinga berdenging, hidung tersumbat dengan sedikit darah pada ingus. Masyarakat biasanya beranggapan darah berasal dari jaringan hidung yang robek karena kesalahannya saat membersihkan hidung. `’Kalau darah sedikit, biasanya tidak dimasalahkan berbeda ketika sariawan,” katanya menjelaskan.Jika sudah stadium lanjut, gejala tersebut menyebar ke mata, saraf dan penyebaran di antaranya leher.

Pada umumnya, terdapat benjolan padat di leher namun penderita tidak merasa sakit. Justru, tidak berasa sakit inilah yang perlu diwaspadai. Penyebaran melalui mata mengakibatkan mata menjadi juling. Penyebaran melalui tulang, penderita akan merasa semua tulang sakit, keropos, dan berakhir dengan patah tulang. Jika menyebar pada paru-paru, sering batuk-batuk.

source : Republika Online

One Comment leave one →
  1. August 15, 2009 9:57 pm

    untuk pencegahan atau pengobatan yang tradisional sendiri bagaimana y?trimakasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: