Skip to content

KANKER LAMBUNG

June 5, 2009

Kanker Lambung atau Gastric Cancer menyerang orang pada usia 50 – 60 tahun dengan perbandingan pria dan wanita 3 : 1. kanker lambung disebabkan  oleh dua hal karena factor keturunan dan pola hidup yang tidak sehatseperti stress serta mengkonsumsi makanan berbahan pengawet yang tidak menyadari bahwa makanan tersebut daoat berjamur dalam jangka waktu yang lama.

Untuk orang yang riwayat keluarganya menderita kanker lambung disarankan untuk melakukan medical check up secara rutin. Atrrophic gastritis, polip di lambung dan penyakit kronis lambung menjadi hal yang patut diwaspadai karena itu merupakan tanda awal perubahan kanker, jadi bagi yang sudah mengetahui pola hidupnya tidak sehat, sebaiknya mulai rutin mengkonsumsi makanan dengan gizi berimbang serta berusaha meminimalkan stress.

Gejala kanker lambung sifatnya tersembunyi, sehingga tidak ada tanda klinis yang jelas dan sering mengakibatkan salah diagnosa. Salah satu sifat penyakit ini adalah mudah menyebar dan kambuh kembali. Untuk itu, pencegahan dini dengan diagnosa sedini mungkin menjadi langkahyang tepat untuk mencegah penyebaran sel kanker.

Pada stadium awal , gejala kanker lambung adalah perut baguan atas tidak sehat, sakit perut,tidak ada selera makan, mual dan muntah. Sementara gejala dari kanker lambung stadium akhir adalah berat badan menurun,anemia,dan pendarahan.

Diagnosa untuk kanker lambung diantaranya dengan USG, CT-Scan untuk melihat area penyebaran ke organ lain, pemeriksaan darah dengan tumor marker seperti CEA, FSA, dan GCA. Ada pula diagnosa seperti fiber endoscopyyang dibarengidengan pemeriksaan biopsy, yang dapat mendiagnosa kanker lambung.

Dokter akan mempertimbangkan penyakit ini berdasarkan posisi letak tumor, pathology jenis tumor, pembagian stadium,dan kondisi stamina pasien untukmemutuskan rencana pengobatan. Metode yang biasa digunakan untuk membantu mengatasu kanker lambung adalah dengan operasi dan kemoterapi. Operasi bisa diterapkan apabila pasien bisa memiliki daya tahan yang baik terhadap efekoperasi, umumnya untuk penderita di stadium awal atau sedang.

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: