Skip to content

Wanita ASIA rentan terkena kanker payudara

May 22, 2009

Pola makan cepat saji ala barat kini telah menjadi bagian dari gaya hidup orang perkotaan. Kondisi ini tentu saja membuat cemas para pakar kesehatan di dunia terutama Asia. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Chinese Anti Cancer Association (CACA) terungkap bahwa perempuan Asia yang sering mengonsumsi makanan cepat saji beresiko dua kali lipat terkena kanker payudara dibandingkan dengan yang tidak menkonsumsi. Menurut CACA, tingkat kematian akibat kanker payudara dikota-kota besar di Cina naik 37 persen dan 38,9 persen ditahun 1990an.

Penelitian yang melibatkan 1500 responden perempuan di Cina ini mengungkapkan bahwa mereka yang memakan makanan dominan dengan daging, roti, susu dan agar-agar, ternyata dua kali lebih rentan terkena kanker payudara ketimbang mereka yang dominan makan sayur-sayuran dan buah. Penelitian yang dilakukan dari pusat studi Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention ini memperlihatkan bahwa meningkatnya kegemukan menjadi pemicu terjadinya kanker payudara. Perempuan dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) diatas 25 adalah kelompok yang paling rentan.

¬†“Dalam penelitiannya, para peneliti memasukkan berbagai jenis daging dan ikan, dan yang manis-manis, agar-agar, roti dan susu, semuanya kedalam makanan yang berpotensi memicu kanker payudara. Sedangkan makanan yang berasal dari kedelai serta olahannya, sayur mayur serta ikan air tawar merupakan makanan yang aman untuk dikonsumsi,” demikian tulis bbc.com.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: