Skip to content

KANKER PROSTAT

May 19, 2009

Ancaman Kanker Prostat

Kesehatan teramat penting dijaga pada setiap fase umur seseorang. Kondisi kesehatan masa kecil sering membawa dampak erhadap kesehatan di masa tua. Orang dalam fase yang sudah berumur, otomatis fisiknya cebderung lebih rentan terserang penyakit.

Bagi pria dewasa terlebih yang sudah berumur diatas 40 tahun, salah satu gangguan kesehatan yang patut diwaspadai adalah kanker prostat. Kelenjar prostate merupakan kelenjar pada pria yang berperan penting dalam proses reproduksi. Jika terjadi tumor ganas pada kelenjar ini, dapat menjadi bibit awal kanker prostate.

Berdasarkan data WHO pada trahun 1998 ada 56 ribu kasus kematian di Eropa yang diakibatkan oleh kanker prostate. Pada waktu itu belum ada strategi tindakan preventif, sehingga banyaknya jumlah penderita yang akhirnya meninggal.

 Gejala Dan Penyebab

 Beberapa gejala yang dapat diamati dari pasien penderita kanker prostate terbagi dalam empat kategori :

  1. Energi tidak lancer sehingga membuat penderita lesu dan tidak bersemangat serta terdapat bintik hitam pada lidah
  2. Lembab dan panas pada tubuh, yang ditandai dengan bagian bawah perut membengkak, lutut dan pinggang mengalami pegal, lidah terasa tebal dan terdapat selaput putih pada lidah.
  3. kondisi Ginjal yang lemah, yang menyebabkan sering penderita sering buang air kecil di malam hari atau dengan kondisi sebaliknya, pada urine terdapat darah serta alat gerak tubuh kaki dan tangan bertambah dingin.
  4. Organ hati dan ginjal lemah, kualitas penglihatan akan menurunm vertigo, gelisah, susah tidur atau insomnia.

 Pada tahap dini gejala kanker prostate tidak begitu jelas tampak. Tetapi pada tahap stadium lanjut hal tersebut dapat terlihat.

Penyebab utama kanker prostate selain faktir lingkungan adalah factor genetic atau keturunan. Untuk factor lingkungan dapat disebabkan oleh makanan dan minuman yang mengadung banyak bahan pewarna, pengawet serta kacang – kacangan yang sudah berjamur, bisa juga dari paparan kimia seperti cat tembok.

Kasus kanker prostate dewasa ini juga dapat diderita oleh pria berusia lebih muda dari 40 tahun, yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat dengan mengkonsumsi makanan kaya lemak tanpa ada asupan nutrisi yang seimbang.

 

Waspadai Usia diatas 50 Tahun

Mulai umur 50 tahun ke atas para pria mesti waspada. Pasalnya 4 dari 5 pria berumur 50 tahun berisiko mengalami gangguan prostat. Semakin bertambah umur, prevalensinya makin tinggi.

Pria bisa seperti itu karena pria mempunyai hormon testoteron yang dihasilkan oleh testis, lalu dalam tubuh hormon tersebut berubah menjadi dihydrotestosterone (DHT). Seiring bertambahnya usia, DHT akan semakin banyak, akibatnya prostat akan semakin membesar. Berat normal prostat adalah 20 gram, tapi kalau sudah membesar bisa mencapai 100 gram.  

Ketika prostat membesar maka ia akan menjepit saluran uretra atau saluran kandung kemih yang melewati prostat menuju penis. Prostat sendiri letaknya di antara pangkal penis dan kandung kemih. Jika sudah seperti ini, maka yang bersangkutan akan mengalami gangguan.

Gangguan yang dimaksud antara lain sulit pipis (pipis harus nunggu dulu 1 – 2 menit baru bisa mulai pipis), sering pipis (dalam sehari bisa 6-7 kali), saat tidur malam kerap terbangun untuk pipis (frekuensi di atas 2 kali), kalau terasa mau pipis harus segera ke kamar mandi karena bisa mengompol, alami terminal dribbing atau pipis di celana duluan, pancaran kencing melemah (tidak jauh lagi), dan air kencing mengandung darah meski tampak bening.

Akibatnya para pria ini akan merasa sakit tiap kali pipis, mengalami infeksi saluran kemih karena ada sisa kemih yang tertinggal akibat terjepitnya uretra, timbul batu (air kemih yang tertahan akan ciptakan residu yang lambat laun akan memadat dan mengeras) dan jika tersumbatnya uretra menjadi kronis ginjal akan membengkak. Akibatnya timbul gagal ginjal.

Kalau sudah seperti itu perlu ada tindakan penanganan. Penanganan pertama adalah dengan cara pengobatan.

Jika pengobatan tidak mempan, tambahnya, maka dilakukan endoskopi untuk meresesi prostat sehingga tidak lagi menjepit saluran uretra atau saluran kandung kemih.

Tetapi jika gangguan prostat sudah sangat parah, maka yang mesti dilakukan adalah mengoperasi prostat. Ini sangat berisiko karena bisa mengakibatkan impotensi.

Fungsi prostat sendiri, adalah membantu memproduksi cairan semen untuk memudahkan sel sprema bergerak menuju indung telur.

Yang Beresiko terkena Kanker Prostat

1. Pria berusia diatas 50 tahun

2. Gaya hidup penuh tekanan, dan stress

3. Pria yang menggemari konsumsi daging merah, tanpa diimbagi dengan sayur dan buah

4. Perokok

5. Kurang olahraga

6. Pria dengan riwayat keluarga kanker prostat

7. Penderita Diabetes Melitus

8. Obesitas

9. Gangguan Jantung

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: