Skip to content

TUMOR & DEFINISINYA

January 17, 2009

DEFINISI TUMOR

TUMOR merupakan sekelompok sel-sel abnormal yang terbentuk hasil proses pembelahan sel yang berlebihan dan tak terkoordinasi. Dalam bahasa medisnya, TUMOR dikenal sebagai NEOPLASIA. Neo berarti baru, plasia berarti pertumbuhan/pembelahan, jadi NEOPLASIA mengacu pada pertumbuhan sel yang baru, yang berbeda dari pertumbuhan sel-sel di sekitarnya yang normal. Yang perlu diketahui, sel tubuh secara umum memiliki 2 tugas utama yaitu melaksanakan aktivitas fungsional nya serta berkembang biak dengan membelah diri. Namun pada sel TUMOR yang terjadi adalah hampir semua energi sel digunakan untuk aktivitas berkembang biak semata. Fungsi perkembangbiakan ini diatur oleh inti sel (nucleus), akibatnya pada sel TUMOR dijumpai inti sel yang membesar karena tuntutan kerja yang meningkat.

Dari pengertian tumor diatas, TUMOR dibagi mejadi 2 golongan besar yaitu TUMOR  jinak (benign) dan TUMOR ganas ( malignant) atau yang popular dengan sebutan KANKER. Terdapat perbedaan sifat yang nyata diantara dua jenis tumor ini dan memang membedakannya merupakan tuntutan wajib bagi praktisi medis. Perbedaan utama di antara keduanya adalah bahwa tumor ganas lebih berbahaya dan fatal sesuai dengan kata ‘ganas’ itu sendiri. Gambarannya begini, walaupun tumor ganas atau kanker itu berada pada jaringan di kaki, hal itu dalam tahap lanjut dapat mengakibatkan kematian. Tumor jinak hanya dapat menimbulkan kematian secara langsung terkait dengan lokasi tumbuhnya yang membahayakan misalnya tumor di leher yang dapat menekan saluran napas. Terdapat beberapa sifat yang membedakan antara tumor jinak dan ganas ;

Pertumbuhannya.

TUMOR GANAS ( KANKER ) tumbuhnya relative lebih cepat karena memang lebih aktif dan agresif, akibatnya jika di permukaan tubuh akan tampak tumor membesar dengan cepat dan seringkali di puncaknya disertai dengan luka atau pembusukan yang tidak kunjung sembuh. Luka menahun ini diakibatkan suplai nutrisi kepada sel-sel tumor tidak mampu mengimbangi lagi sel-sel tumor yang jumlah sangat cepat berlipat ganda, akibatnya sel-sel yang berada diujung tidak mendapat nutrisi dan mati. Jadi hati-hati jika memiliki luka yang kotor dan tidak kunjung sembuh dengan pengobatan bahkan bertambah luas.

Perluasannya.

TUMOR JINAK tumbuh secara ekspansif atau mendesak, tetapi tidak merusak struktur jaringan sekitarnya yang normal. Hal ini dikarenakan tumor jinak memiliki kapsul yang membatasi antara bagian sel-sel tumor yang abnormal dengan sel-sel normal. Sebaliknya pada TUMOR GANAS ( KANKER ) yang memang tak berkapsul, TUMOR GANAS ( KANKER ) ini tumbuhnya infiltratif atau menyusup sembari merusak jaringan disekitarnya. Pertumbuhan semacam ini pertama kali ditemukan oleh Hippocrates – bapak ilmu kedokteran – dan beliau menamakan sebagai CANCER (bahasa latin dari kepiting) karena menurutnya proses infiltratif seperti demikian menyerupai bentuk capit kepiting. Akibat proses infiltratif tersebut, maka jaringan disekitar tumor ganas seringkali rusak, dan jika jaringan yang diinfiltrasi itu berupa pembuluh darah maka tumor jenis ini dapat menimbulkan gejala perdarahan. Contohnya, pada kanker paru salah satu gejalanya adalah batuk darah.

Kekambuhan.

TUMOR JINAK umumnya dengan dioperasi secara tepat jarang untuk kambuh lagi. TUMOR GANAS ( KANKER ) memiliki kekambuhan lebih tinggi dikarenakan proses pembedahannya sulit untuk benar-benar tuntas dikarenakan memang jaringan abnormal ini tidak berkapsul sehingga sulit untuk dibedakan dan dipisahkan dari jaringan normal sekitarnya yang sudah diinfiltrasi. Selain itu tumor ganas tahap lanjut umumnya penyebaran sudah lebih luas bahkan sudah bermetasasis jauh sehingga operasi adalah tidak mungkin menyembuhkan lagi karena sel-sel ganas sudah ada hampir di setiap bagian tubuh.

Apa sih yang menyebabkan seseorang dapat menderita tumor? Ini adalah pertanyaan yang paling sering diutarakan seorang pasien kepada praktisi medis tentang tumor. Dan pertanyaan yang sebenarnya simpel ini sebenarnya menimbulkan kegelisahan sendiri bagi kaum medis setiap kali ditanyakan. Mengapa? Bukan karena kami tidak tahu jawabannya, tetapi dunia kedokteran dan penelitian memang belum tahu jawaban pasti akan penyebab pasti seseorang dapat menderita tumor.

source : http://www.wikimu.com

7 Comments leave one →
  1. January 19, 2009 1:36 am

    permisi moderator mau beritahu info

    dear anyone,

    mengapa ketika sudah dilakukan operasi kanker, kanker kembali muncul?
    itu karena tubuh penderita tidak diberi dukungan untuk melawan kanker.
    melawan kanker bisa dilakukan dengan 2 cara. dari dalam tubuh dan dari luar tubuh. dari luar tubuh bisa dengan cara operasi, kemoterapi, radiorterapi. bagaimana dengan melawan kanker dari dalam? caranya menggunakan transfer factor. info lebih lanjut kunjungi http://molekulajaibtf.co.nr

    salam,

    Gumilang

  2. isty permalink
    May 19, 2009 7:09 am

    Saya pengin share….
    Bapak saya tgl 31 januari 2009 telah menjalani operasi tumor di mata sebelah kiri pas nya di bawah retina. 1 1/2 bulan di mata yang sama tumbuh tumor di atas bola mata. Kata dokter harus dioperasi lagi, baru rencana operasi , di bulan k e 2 tumbuh daging yang lebih besar di tempat yang telah dioperasi/dibawah bola mata. Dokter bilang mata seluruhnya beserta jaringan skitar harus diangkat…. untuk menyambung kulit yang bolong..dilakukan operasi plastik dg menambal area tsb dgn kulit paha….
    Tapi kondisi bapak saya sudah tidak memungkinkan… usia 75 tahun. Jadi sampai sekarang bapak belum dioperasi….
    Kini di bulan ke 5 daging sudah tumbuh kira2 seukuran mata ( 1 X 4 cm ) dan keluar dari mata. Mata sudah tertutup dengan daging yang memerah kadang bahkan sering berdarah. …..
    Apa yang harus saya lakukan ….!

    • latiefah permalink
      February 3, 2010 4:04 am

      dok sy mo tanya…
      sodara sy puny penyakit tumor d leher bwh telinga, sdh d oprasi tp ada lg benjolan…
      dok menyarankan sodara sy hrs d kemoterapi, tp keluarga besarnya tdk menyetujui krn byk epek sampingnya
      dok apa yg hrs aku lakukan sekarang?

      • February 4, 2010 4:52 am

        Dear Ibu Latiefah,

        Silahkan check di email anda, kami sudah menjawab langsung ke email anda. Terima kasih.

  3. veve permalink
    June 26, 2009 8:36 am

    mas, dokter aq kan punya adhe, nah temen adhe aq itu punya penyakit tumor di kaki pas bgt di pergelangan kaki,gara-garanya keseleo waktu 6 thn lalu, skrng dia kls 1 sma. dok kira-kira apa yah nama penyakitnya, trus apa oprasinya mahal. ada ga RS yang bisa bantu pengobatan gratis yah, dok,,, makasih.

  4. syifa permalink
    October 28, 2009 7:18 am

    saya ingin bertanya dok, adik saya sdh menikah selama 1 thn slm menikah hanya 2 kali mensturasi dan sudah kedokter ktnya ia terkena gejala tumor dirahiemnya, pertanyaan saya apakah ia masi bisa mempunyai anak?
    mhn dijwb terima kasih sblmnya dok.

    • October 28, 2009 8:21 am

      dear ibu syifa,

      jawaban sudah saya kirimkan langsung ke alamat email anda

      terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: